PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS GAME EDUKASI (STUDI KASUS: SMA NURUL HIDAYAH)
Kata Kunci:
akuntansi, average, media pembelajaran, game edukasiAbstrak
Perkembangan Teknologi yang pesat saat ini sangat membantu dan mempermudah segala bidang kehidupan terutama pada bidang pendidikan. Teknologi pendidikan sering dihubungkan dengan teori belajar dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Akuntansi khususnya pada materi Persediaan menggunakan Metode Average Berbasis Game education di SMA Nurul Hidayah. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Akuntansi Persediaan Metode Average Berbasis Game education dan untuk menghasilkan produk Game education Interaktif, mendeskripsikan kelayakan media berdasarkan penilaian para ahli dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan multimedia Luther berdasarkan Sutopo yang terdiri dari Konsep, Desain, Pengumpulan Bahan, Pembuatan, Pengujian menggunakan ISO 9126 dengan perhitungan SPSS. Media ini diuji cobakan pada 32 siswa dan 3 guru SMA Nurul Hidayah. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan wordwall pada pokok bahasan Akuntansi Persedian Metode Average yang telah dikembangkan, termasuk dalam kriteria baik untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran (dari penilaian ahli materi dan siswa memberikan nilai Cronbach alpha untuk variabel kepuasan sebesar 0.931).