Rancang Bangun Sistem Pelayanan Surat Menyurat Secara Online di Desa Bantaran

Penulis

  • Maulana Ibnu Tri Rakha Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna

Kata Kunci:

Digitalisasi, Pelayanan Surat Menyurat, Sistem Informasi, Desa Bantaran, Pembangunan Desa

Abstrak

Kantor Balai Desa Bantaran menyediakan 10 jenis surat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Meskipun sistem pelayanan saat ini berfungsi baik, diperlukan peningkatan melalui pengembangan sistem informasi berbasis website. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah bagaimana membangun sistem informasi pelayanan desa di desa Bantaran yang dapat memudahkan masyarakat memperoleh pelayanan surat menyurat. Sehingga penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sistem informasi pelayanan surat keluar secara online di desa Bantaran untuk meningkatkan kemudahan pelayanan, serta memenuhi tuntutan zaman digital. Metode penelitian ini menggunakan jenis metode SDLC (System Development Life Cycle). Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen Dan untuk metode pengembangan aplikasi yang digunakan untuk membangun aplikasi pelayanan surat keluar di desa Bantaran menggunakan metode waterfall. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya sistem pelayanan surat menyurat secara online di desa Bantaran dapat memudahkan masyarakat memperoleh pelayanan surat keluar beserta informasinya. diharapkan, sistem ini akan membuat Desa Bantaran lebih responsif dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-25

Cara Mengutip

Tri Rakha, M. I. (2025). Rancang Bangun Sistem Pelayanan Surat Menyurat Secara Online di Desa Bantaran. JESICA (Jurnal Teknologi Informasi , Sistem Informasi, Dan Data Science), 3(1), 29–37. Diambil dari https://amik-taruna.ac.id/ejournal/index.php/JESICA/article/view/19

Terbitan

Bagian

Artikel