MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI DI SMAS NURUL HIDAYAH BERBASIS DESKTOP

Penulis

  • Kiky Zulkifli Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna
  • Jamal Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna
  • Heri Darmanto Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna
  • Nur Azizah Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Akuntansi

Abstrak

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuanketerampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau  penelitian. Permasalahan yang dialami siswa dalam pembelajaran akuntansi yaitu kurang bersemangat dalam pembelajaran akuntansi sehingga menurunkan minat dan prestasi dari siswa. Hal ini ditujukan dengan nilai rata-rata nilai PAT 2023 siswa kelas XII yaitu 49,5. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang inovatif dan tidak monoton dalam proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah pemanfaatan IT.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development Secara umum, tahapan-tahapan pengembangan sistem pada metode research and development adalah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan penelitian, pengembangan desain, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, revisi hasil uji coba lapangan, uji kelayakan, revisi produk akhir, serta deseminasi dan implementasi produk.

Dengan adanya aplikasi ini, siswa diharapkan bisa praktek langsung di laboratorium komputer dan dapat dengan mudah memahami pembelajaran akuntansi. Kesimpulan yang dapat diambil dengan menggunakan Aplikasi Media Pembelajaran Praktikum Akuntansi di SMAS Nurul Hidayah Berbasis Desktop ini adalah dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar dan memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran akuntansi di SMAS Nurul Hidayah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-18

Terbitan

Bagian

Artikel