RANCANGAN SISTEM ANTRIAN PENGUNJUNG BERBASIS MOBILE UNTUK MENDUKUNG MANAJEMEN WAKTU MAHASISWA DI AMIK TARUNA

Autor(i)

  • Muhammad Fais Sistem Informasi, Akademik Manajemen Informatika dan Komputer Taruna
  • kiky zulkifli Sistem Informasi Akuntansi Akademik Manajemen Informatika dan Komputer

Ključne riječi:

Sistem Informasi, Sistem Antrian, Aplikasi Mobile, SDLC, Waterfall

Sažetak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi berbasis mobile untuk mengoptimalkan sistem antrian yang ada di AMIK Taruna probolinggo. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pihak terkait, diketahui metode antrian secara manual menyebabkan pemborosan waktu dan berpotensi mengganggu kegiatan perkuliahan. Untuk mengatasi kendala tersebut ,Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini Development menggunakan metode System Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan model waterfall. SDLC adalah metode penegembangan sistem tradisional yang digunakan sebagaian besar organisasi saat ini. SDLC adalah kerangka kerja (framework) yang tersetruktur yang berisi proses proses sekuensial dimana sistem informasi dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem antrian berbasis mobile mampu mengurangi waktu tunggu mahasiswa secara signifikan serta meningkatkan efektivitas layanan administrasi kampus. Dengan demikian, sistem ini dapat menjadi solusi inovatif untuk mengoptimalkan manajemen waktu mahasiswa.

 

Abstract

 This research aims to design a mobile-based information system to optimize the existing queue system at AMIK Taruna Probolinggo. Based on the results of observations and interviews with the relevant parties, it is known that the manual queue method causes time wastage and has the potential to disrupt academic activities. To address these challenges, the method used in this research is the System Development Life Cycle (SDLC) with a waterfall model approach. SDLC is a traditional system development method used by most organizations today. SDLC is a structured framework that contains sequential processes through which the information system is developed. The research results show that the mobile-based queue system can significantly reduce students' waiting time and enhance the effectiveness of campus administrative services. Thus, this system can be an innovative solution to optimize students' time.

##submission.downloads##

Objavljeno

2025-09-23

##submission.howToCite##

Fais, M., & zulkifli, kiky. (2025). RANCANGAN SISTEM ANTRIAN PENGUNJUNG BERBASIS MOBILE UNTUK MENDUKUNG MANAJEMEN WAKTU MAHASISWA DI AMIK TARUNA. JESICA (Jurnal Teknologi Informasi , Sistem Informasi, Dan Data Science), 3(2), 54–60. Retrieved from https://amik-taruna.ac.id/ejournal/index.php/JESICA/article/view/74

Broj časopisa

Rubrika

Artikel

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>