RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 SUMBER BERBASIS WEB

Authors

  • refi sistem informasi
  • KIKY ZULKIFLI Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna
  • Jamal Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna

Keywords:

Sistem Informasi, Administrasi Sekolah, Berbasis Web

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam hal efisiensi pengelolaan administrasi sekolah. Salah satunya sekolah SMAN 1 Sumber merupakan sekolah yang masih menjalankan sebagian besar proses administrasinya secara manual, sehingga sering kali mengalami kendala seperti keterlambatan pengolahan data, kesalahan pencatatan, serta akses informasi yang terbatas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan sebuah Sistem Informasi Administrasi Berbasis Web yang dirancang untuk mengelola data siswa, data guru dan tenaga kependidikan, absensi, jurnal mengajar, serta nilai siswa. Pengembangan sistem ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan Waterfall, yang meliputi tahapan: analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi web yang dapat digunakan oleh berbagai pihak di lingkungan sekolah, seperti admin, guru, waka kurikulum, waka kesiswaan, TU dan kepala sekolah,  sesuai dengan hak akses masing-masing. Kesimpulan dari penelitian adalah, dengan adanya sistem informasi administrasi berbasis web di SMAN 1 Sumber dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan data siswa, data guru dan tenaga pendidik, absensi guru dan siswa, jurnal, serta nilai siswa.

Published

2025-09-23

How to Cite

refi, ZULKIFLI, K., & Jamal. (2025). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 SUMBER BERBASIS WEB. JESICA (Jurnal Teknologi Informasi , Sistem Informasi, Dan Data Science), 3(2), 121–130. Retrieved from https://amik-taruna.ac.id/ejournal/index.php/JESICA/article/view/106

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>