TENTANG ATP

Selayang Pandang

Selayang Pandang

Sejarah Singkat

Teknologi informasi telah memberikan kontribusi yang luar biasa dalam kehidupan aktivitas manusia dan dengan bantuan komputer telah mengambil alih tugas-tugas opersional yang rutin, rumit, dan repetitif menjadi bersifat otomatik.

Agar kehadiran teknologi canggih itu dapat dimanfaatkan secara maksimal maka perlu tersedia sumber daya manusia yang terdidik, berkualitas, bertanggung jawab, dan memiliki ketrampilan dalam penguasaan teknologi informasi. Untuk itu Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Keluarga Kertas Leces (YPKK) mendirikan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Taruna, yaitu tepatnya pada tanggal 10 Nopember 1999 dengan program studi sebagai berikut:

1. Diploma 3 Manajemen Informatika

2. Diploma 3 Komputerisasi Akuntansi

Pada saat awal, tahun akademik 2000/2001 dibuka program Diploma 3  setelah mendapat ijin pendirian Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna dan penetapan status TERDAFTAR berdasarkan SK Mendiknas RI nomor 127/D/O/2000 tanggal 8 Agustus 2000 untuk kedua program studi tersebut.

Pada perkembangan selanjutnya, sebagai syarat untuk pengembangan akademi menjadi politeknik, maka dibukalah penambahan 1 (satu) program studi baru, yaitu Program Studi Diploma 3 Teknik Komputer berdasarkan Surat Keputusan (SK) Dirjen Dikti Nomor: 497/D/T/2009 tanggal 6 April 2009.

Selanjutnya nama ketiga program studi tersebut dilakukan perubahan dengan mengacu pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan nomor 46/B/HK/2019 tanggal 22 Februari 2019 tentang Daftar Nama Program Studi pada Perguruan Tinggi. Perubahan nama program studi tersebut ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor : 265/KPT/I/2019 tanggal 12 April 2019 tentang Perubahan Nama Program Studi pada Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna di Probolinggo yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Keluarga Kertas Leces. Ketiga program studi tersebut berubah nama sebagai berikut:

1. Diploma 3 Manajemen Informatika menjadi Diploma 3 Sistem Informasi;

2. Diploma 3 Komputerisasi Akuntansi menjadi Diploma 3 Sistem Informasi Akuntansi; dan

3. Diploma 3 Teknik Komputer menjadi Diploma 3 Teknologi Informasi.

Pada saat ini AMIK Taruna sebagai institusi pendidikan telah mendapat status Terakreditasi Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) berdasarkan Surat Keputusan BANPT Nomor 25/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2020 dengan peringkat Terakreditasi Baik yang berlaku sampai tanggal 4 Februari 2025.

Di samping akreditasi institusi, ketiga program studi di AMIK Taruna sampai saat ini juga telah terakreditasi oleh BANPT masing-masing sebagai berikut:

  1. Diploma 3 Sistem Informasi, dengan peringkat Akreditasi Baik berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 9854/SK/BAN-PT/Ak-KP/D3/XI/2022 yang berlaku sejak tanggal 23 November 2022 sampai dengan 12 Januari 2026.

  2. Diploma 3 Sistem Informasi Akuntansi, dengan peringkat Akreditasi Baik berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 6630/SK/BAN-PT/Ak-KP/D3/IX/2022 yang berlaku sejak tanggal 28 September 2022 sampai dengan 18 Agustus 2025.

  3. Diploma 3 Teknologi Informasi, dengan peringkat Akreditasi Baik berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 9810/SK/BAN-PT/Ak-KP/D3/XI/2022  yang berlaku sejak tanggal 23 November 2022 sampai dengan 30 Desember 2025.

YPKK sebagai penyelenggara lembaga pendidikan tinggi AMIK Taruna merupakan yayasan pendidikan yang didirikan PT Kertas Leces (Persero) yang telah mengelola lembaga pendidikan sejak tahun 1978 dengan lembaga pendidikan TK, SD, SMP, dan SMA. Akta Pendirian YPKK telah disahkan dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU - 08427.50.10.2014 tanggal 3 November 2014.

Visi

Menjadi perguruan tinggi yang berkualitas di bidang informatika dan komputer, menghasilkan lulusan yang unggul dan mandiri..

Misi

1. Misi Pendidikan

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang didukung ekosistem pembelajaran dengan kurikulum, dosen, dan metode pembelajaran yang berkualitas.
  • Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur dan berjiwa kewirausahaan.

2. Misi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat, industri, pemerintah daerah dan pemerintahan desa.

3. Misi Manajemen

Pengelolaan institusi dilakukan dengan prinsip tata pamong yang baik guna terciptanya suasana yang kondusif dan memberikan dukungan sepenuh-nya kepadaDosen, Tenaga Kependidik-an untuk dapat mengembangkan diri dan memberikan kontribusi maksi-mum pada masyara-kat, industri, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tujuan dan Sasaran

1. Tujuan dan Sasaran Misi 1 (Misi Pendidikan)

  • Sebagai upaya untuk melaksanakan misi ”Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang didukung ekosistem pembelajaran dengan kurikulum, dosen, dan metode pembelajaran yang berkualitas”, maka tujuan dan sasaran institusi ditetapkan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan nilai akreditasi Lembaga & Prodi, yang dibentuk dari sasaran institusi :

    1. Meningkatnya kualifikas dan kompetensi tenaga dosen

    2. Meningkatnya jumlah tenaga dosen

    3. Berjalannya SiAKAD, LMS terintegrasi dengan feeder LLDIKTI

    4. Berjalannya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

    5. Berjalannya kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

    6. Meningkatnya sarana dan prasarana pendidikan

    7. Meningkatnya hubungan pembinaan institusi oleh LLDIKTI

    8. Tersedianya sumber dana operasonal pendidikan yang berasal dari luar dana dari mahasiswa.

  2. Meningkatkan jumlah mahasiswa.

  3. Meningkatkan minat kuliah di AMIK Taruna.

  • Sebagai  upaya untuk melaksanakan misi ”Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur dan berjiwa kewirausahaan”, maka tujuan dan sasaran institusi adalah meningkatkan attitude, kemandirian dan kewirausahaan mahasiswa, yang dibentuk dari sasaran institusi :

    1. Meningkatnya disiplin, tanggung jawab, kemandirian dan sikap mahasiswa.

    2. Meningkatnya keinginan berwirausaha

2. Tujuan dan Sasaran Misi 2 (Misi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)

Sebagai  upaya untuk melaksanakan misi Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat, industri, pemerintah daerah dan pemerintahan desa”, maka tujuan dan sasaran institusi yang ditetapkan yaitu berperan serta dalam pembangunan daerah melalui pemanfaatan Teknologi Informasi , Manajemen, Akuntansi, Kewirausahaan yang dibentuk dari sasaran institusi :

  1. Meningkatnya produk penelitan dosen

  2. Meningkatnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat

3. Tujuan dan Sasaran Misi 3 (Misi Manajemen)

Sebagai  upaya untuk melaksanakan misi Pengelolaan institusi dilakukan dengan prinsip tata pamong yang baik guna terciptanya suasana yang kondusif dan memberikan dukungan sepenuhnya kepada  Dosen, Tenaga Kependidikan untuk dapat mengembangkan diri dan memberikan kontribusi maksimum pada masyarakat, industri, ilmu pengetahuan dan teknologi”, maka tujuan dan sasaran institusi ditetapkan sebagai berikut:

  1. Menjaga keberlangsungan institusi AMIK Taruna, dibentuk dari sasaran institusi :

    1. Adanya  tenaga pendidik dan kependidkan berstatus pegawai tetap.

    2. Meningkatnya program peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan.

  2. Meningkatkan akuntabilitas pengelolahan institusi ATP, yang dibentuk dari sasaran institusi :

  1. Adanya laporan kinerja dan evaluasi institusi tiap periode

  2. Penyusunan anggaran berbasis pada rencana kegiatan